aborsi juga di kenal dengan alijhadl merupakan perbuatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menggugurkan janinnya. lalu bagaimana Islam memandang hukum aborsi ini. para ulama sepakat bahwa janin yang berumur 120 hari haram diaborsi karena pada waktu itu si janin sudah bernyawa. seseorang yang menggugurkan anak janinnya pada umur ini maka terkena hukuman syar'i berupa harus membayar Ghurrah atau budak perempuan. adapun jika janin belum berumur 120 hari atau 4 bulan maka juga haram menggugurkannya cuma dalam masalah denda membayar ghurrah berselih pendapat para ulama. adapun aborsi bisa diperbolehkan pada janin berumur dibawah 120 hari jika keberadaan janin tersebut akan sangat membahayakan nyawa si ibu dengan penelitian dari dokter.
Oleh Kholil Allah SWT berfirman: وَيْلٌ لِّـكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ wailul likulli humazatil lumazah "Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela," (QS. Al-Humazah 104: Ayat 1) Para pengumpat dan pencela ini akan dilemparkan Allah kelak ke dalam neraka Huthamah. "Taukah kamu apakah Huthamah itu, yaitu neraka Allah yang dinyalakan. Yang menjulang sampai sampai ke hati. Sesungguhnya neraka itu akan ditutup nagi mereka. Dengan palang-palang yang panjang. (Qs. Al Humazah: 5-9). Di antara nama-nama neraka adalah Huthamah. Arti aslinya adalah yang meremukkan apa saja yang dimasukkan ke dalamnya. Banyak benda tahan api, tetap tak ada benda yang tahan huthamah itu. Dua sifat manusia yang paling celaka adalah pengumpat atau pengomel atau pencela dan penghina. Tidak ada manusia yang baik dipandang mata pengumpat dan pengomel ini. Kalau ada orang baik maka ia lihat jelek juga juga. Dan apabila ia lihat orang jelek ia tidak menasehati malah senang dan semakin menje...
Islam merupakan agama yang rahmat, maksudnya seluruh ajaran Islam yang dibawa baginda Nabi saw merupakan rahmat. Salah satu ajaran Islam adalah bekerja. Tidak dipungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial atau zoon politicoon. Minimal manusia harus berinteraksi dengan satu atau dua orang agar bisa melangsungkan hidupnya. (Baca kejayaan Islam masa Umar bin Abdul Aziz) Kalau ia pingin makan maka ia butuh prtani untuk menanam padi atau gandum atau sayuran, jika ia ingin makan lauk maka ia butuh nelayan, untuk menggunakan wajan, periuk dan alat-alat dapur maka ia butuh pengrajin dan seterusnya. Untuk itulah sudah menjadi nikmat Allah bahwa Allah menciptakan manusia dengan berbagai skill dan keahliaannya. Dengan demikian manusia diharapkan bekerja agar bisa menutup kebutuhan orang lain di sekitarnya. Dengan sama-sama bekerja maka roda kehidupan bisa berjalan dengan baik. Banyak alasan kenapa manusia harus bekerja, di antaranya bekerja itu untuk mencari nafkah dan meng...
Comments